banner 728x250

Gedung Tekstil Sutera Wajo Mulai Jadi Sorotan Aktivis

Sulselta
banner 120x600
banner 468x60

WAJO — Salah satu sumber daya alam di kabupaten Wajo yang sangat fenomenal adalah sutera yang hingga kini terus dikembangkan menjadi sarung tenun. Hasil karya penduduk Bumi Lamadukelleng ini sontak jadi sorotan pemerintah hingga direalisasikannya harapan industri yang akan di kelola oleh PT. Tekstil.

Desa Pakkanna, kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo yang menjadi pusat Industri sutera, sejak 2020 diketahui melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi gedung yang di taksir mencapai angka miliaran rupiah. Ironisnya, hingga 2021 tak pernah diketahui publik berapa anggaran yang di gelontorkan untuk gedung tekstil ini.

banner 325x300

Beberapa aktivis kabupaten Wajo bersama awak media yang mengunjungi langsung lokasi pembangunan gedung pengolahan sutera menemukan beberapa kejanggaalan dalam pelaksanaan pekerjaan, salah satunya Kepala Biro Litbang Badan Pemantau Kebijakan Publik (BPKP) kabupaten WAJO, Ir N. R. Syam

Sapaan Uchok ini mengatakan, beberapa kejanggalan pembangunan gedung dipertanyakan lantaran tidak adanya papan informasi atau papan proyek.

Selain itu, dia juga mempertanyakan kualitas bangunan yang dinilai buruk lantaran beberapa bagian sudah terjadi kerusakan.

“Sejak pembangunan gedung ini tahun lalu saya tidak pernah melihat ada papan informasi. Ironisnya, saya liat ada beberapa bagian yang rusak. Seperti pada plafhon, lantai dan dinding yang terkelupas”, ujar Uchok (28/6/2021).

Dirinya mengatakan, informasi proyek tersebut di duga kuat milik dinas perindustrian dan perdagangan provinsi Sulawesi Selatan.

Beberapa warga sekitar pembangunan gedung tekstil mengatakan bahwa pembangunan gedung mulai dikerjakan setahun lalu.

“Kalau bangunannya setahu saya di kerja 2020, sementara untuk pagar tahun ini dikerjakan tahun ini. Kalau tidak salah kontraktornya dari Makassar”, ujar warga yang berdomisili di sekitar pembangunan gedung.

Hingga berita ini diturunkan, sejauh ini belum ada keterangan resmi terkait pelaksaan gedung tekstil yang terletak di diesa Pakkalla, kecamatan Tanasitolo, kabupaten Wajo. (Wr)

 

banner 325x300