Sulselta - Berkabar Berita Berbagi Hidup
Berkabar Berita Berbagi Hidup

Pelayanan Uji KIR Wajo Tertutup Rugikan Warga dan Daerah

2

WAJO — Pemerintah kini mewajibkan setiap kendaraan niaga harus melakukan uji kir atau uji berkala untuk menghindari kecelakaan lalu lintas,

Untuk saat ini, Uji kir menjadi wajib hukumnya untuk mobil berpenumpang umum, bus, mobil barang, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang dioperasikan di jalan.

Aturan di atas sebagaimana yang tertulis dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 53 ayat 1. Lalu pada ayat 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil uji.

Dinas Perhubungan Kabupaten Wajo yang telah mendapatkan agreditasi dalam melaksanakan uji kir ini ternyata dikeluhkan warga. Bahkan dampak yang ditimbulkan pun terhambatnya Pendapatan Anggaran Daerah.

Dikonfirmasi beberapa warga mengaku kecewa karena sudah seminggu pelayanan kir tidak dilaksanakan.

“Sudah beberapa hari ini kami kesana tidak ada pelayanan. Memang ada tertulis, tapi kami juga kan mau tau sampai kapan tertutup. Takutnya mobil kami nanti di tilang lagi”, ungkap senada beberapa warga kepada Sulselta (24/6/2021).

Dikonfirmasi salah satu pegawai Dinas Perhubungan mengakui bahwa sudah seminggu pelayanan tertutup. Meski begitu, dirinya tidak dapat menjelaskan lebih lanjut alasan tidak adanya pelayanan.

“Setahu saya pak sudah seminggu ini terkunci. Memang ada beberapa masyarakat yang menanyakan penyebabnya. Mereka ingin tau kapan pelayanan bisa terlaksana”, ungkap Jusriadi.

Salah satu aktivis Wajo juga menyesalkan sikap pihak dinas yang enggan memberikan jawaban terkait terhentinya pelayanan.

“Setahu saya uji kir sudah tersinkron secara online. Anggaran untuk peralatan uji kir juga sudah ada, lantas kenapa tidak dipergunakan?, selain rugikan masyarakat tentu juga rugikan daerah kalau sudah begini”, cetus seorang LSM di Wajo.

Kepala Dinas Perhubungan Wajo sejauh ini belum memberikan tanggapannya mengenai sebab pelayanan kir yang terhenti. (Tt)

 

Comments
Loading...